Asam Folat, Apa Saja Manfaat dan Makanan Yang Mengandung Asam Folat

7 views

LazyMule.info – Asam Folat, Apa Saja Manfaat dan Makanan Yang Mengandung Asam Folat, Asam Folat, Apa Saja Manfaat dan Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Asam Folat, Apa Saja Manfaat dan Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Makanan Yang Mengandung Asam Folat dan Manfaatnya – Asam folat merupakan salah satu dari jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janinnya. Zat ini makin populer seiring perkembangan pengetahuan tentang ilmu gizi, kesehatan dan kehamilan. Apa itu asam folat, manfaatnya, dan makanan yang menjadi sumber asam folat?
Asam Folat, Manfaat Asam Folat, Makanan Mengandung Asam Folat

Mengenal Asam Folat dan Manfaatnya

Apa itu asam folat? Asam folat adalah salah satu jenis gizi turunan dari vitamin B. Sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin pada kehidupan pertamanya di dalam rahim bundanya. 
Asam folat bermanfaat untuk mencegah terjadinya NTD atau kelainan tabung syaraf pada tubuh janin. NTD adalah singkatan dari Neural Tuba Defect. Kelainan NTD terjadi akibat gagalnya penutupan tabung saraf pada ujung atas (meningokel). Bisa juga terjadi pada ujung bawah atau spina bifida. Kegagalan ini terjadi biasanya di minggu ke 3 atau ke 4 (hari ke 16 sampai ke 28) sejak konsepsi.
Asam folat sangat dibutuhkan dalam pembentukan sistem saraf janin. Jadi jika kekurangan asam folat, bayi yang akan dilahirkan akan beresiko mengalami gangguan saraf dan kecerdasan.
Asam folat juga sangat dibutuhkan dalam produksi sel darah merah ibu hamil dan janin dalam masa pertumbuhannya selama dalam rahim. Terutama pada usia kehamilan 12 minggu pertama.

Jumlah Asam Folat Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Asam folat tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil, tapi wanita subur juga sangat membutuhkan asam folat. Seberapa banyak asam folat yang dibutuhkan? 
Kebutuhan asam folat pada ibu hamil dan wanita subur adalah sekitar 400 – 600 mikrogram / 0,4 – 0,6 mg setiap hari. Untuk Anda yang ingin hamil, sebagai persiapan kehamilan Anda sangat disarankan mencukupi asam folat sudah sejak dari 4 bulan sebelum program kehamilan

Apa Saja Jenis Bahan Makanan Sumber Asam Folat?

Rajin-rajinlah konsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung asam folat sebelum dan selama kehamilan. Asam folat bisa didapatkan dalam bahan-bahan makanan berikut ini :
Susu, sayuran berdaun hijau, gandum dan sereal oat, jeruk, alpukat, bayam, brokoli, stroberi, pisang, kiwi, asparagus, buah bit, tumbuhan spirulina, daun kelor, hati sapi dan hati ayam, kacang merah, buncis, dan kuning telur.
Itulah sharing kali ini tentang asam folat, apa saja manfaatnya dan makanan yang mengandung asam folat. Semoga bermanfaat

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Asam Folat, Apa Saja Manfaat dan Makanan Yang Mengandung Asam Folat, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Asam Folat, Apa Saja Manfaat dan Makanan Yang Mengandung Asam Folat berguna untuk anda.

Leave a reply "Asam Folat, Apa Saja Manfaat dan Makanan Yang Mengandung Asam Folat"