Cara Pemijahan/Mengkawinkan Ikan Cupang Dengan Baik

7 views

LazyMule.info – Cara Pemijahan/Mengkawinkan Ikan Cupang Dengan Baik, Cara Pemijahan/Mengkawinkan Ikan Cupang Dengan Baik

Cara Pemijahan/Mengkawinkan Ikan Cupang Dengan Baik

Cara mengkawinkan ikan cupang dengan baik

Cara Pemijahan Ikan Cupang Ada yg mau tau cara asyik dan mudah biar pemijahan berhasil? heheh Simak Langkah Berikut ini :

Proses Pemijahan/Perkawinan Ikan Cupang Berikut caranya :

  1. Setelah menentukan indukan Ikan Cupang yg udah siap utk dipijah maka langkah selanjutnya menyiapkan wadah pijah.
  2. Wadah pijah Cupang bisa berupa akuarium, ember, baskom, dsb. Ane lebih nyaranin sih akuarium hehe dgn ukuran minimal P:25cm L:15cm T:20cm
  3. Selain wadah pijah, kita juga perlu plastik yg fungsinya sebagai wadah si jantan untuk menempelkan sarang busa yang dibuatnya.
  4. Beberapa peternak mungkin ada yg menggunakan daun pisang dan tanaman air seperti eceng gondok. Ukurannya plastik secukupnya aja, 3x5cm.
  5. Bila sarana pijah sudah siap, langkah selanjutnya proses pemijahan.
  6. Tinggi air 13-18cm. Letakkan jantan terlebih dahulu di akuarium pijah. Letakkan plastik di permukan air dgn mengambang di sudut akuarium.
  7. Indukan betina berada di akuarium lain dgn memposisikan bersebelahan dengan akuarium pijah yg sudah ada jantannya. Ini fase penjodohan 😀
  8. Dalam penjodohan ini membuat si jantan birahi, sok cari perhatian ke betina dan mulai sibuk membuat sarang busa di bawah plastik
  9. Keduanya berjodoh bila jantan busanya udah cukup banyak dan betina terlihat tenang dan terlihat garis vertikal di tubuhnya.
  10. Bila sudah jodoh, pindahkan betina dengan perlahan ke akuarium pijah. Jangan sampai membuat sarang busa rusak atau bahkan membuat stress
  11. Proses pijah mulai terjadi ketika betina terlihat mengikuti jantan yang menggiring ke bawah sarang busa
  12. Lalu si jantan sgra memeluk si betina bbrp saat, membelit sehingga mmbuat betina tenang/pasrah mengeluarkan telurnya dan segera dibuahi.
  13. Telur yang berjatuhan langsung dipungut si jantan untuk diletakkan di sarang busa
  14. Proses pijah bisa aja berulang terjadi. Ini terlihat ketika jantan selesai meletakkan telur, lalu menghampiri betina utk kawin kembali.
  15. Lamanya proses pemijahan tdk tentu, tergantung dgn kedua induk. Yg penting kita jangan sampai membuat keduanya merasa terganggu, stress.
  16. Peran induk betina sudah selesai. Segera pindahkan dengan perlahan menggunakan serok jaring (saringan). Jgn sampe sarang busa rusak.
  17. Rawatlah induk betina 3 mingguan, utk selanjutnya bisa dikawinkan kembali. Semakin besar perutnya, semakin banyak telor yg dihasilkan.
  18. Si jantan punya tugas merawat telor, memungut telor yang jatuh lalu mengembalikannya ke sarang busa lalu menambah jumlah busa di sarang.
  19. PERHATIAN!!! JANGAN SERING LIATIN SI JANTAN, INI AKAN MEMBUAT PANIK/STRESS SEHINGGA JANTAN MALAH MEMAKAN TELUR-TELUR. INGAT!!!
  20. Telor akan menetas dalam waktu 1-2 hari dan menjadi larva. Larva masih punya cadangan makanan 3-4 hari.
  21. Karena larva belum lancar berenang, induk jantan akan memungut dan meletakkan di sarang busa
  22. Bila sarang busa telah habis, pindahkan segera induk jantan ke akuarium lain. Biasanya ini terjadi pada hari ke-4 atau ke-5.
  23. Hari ke-4, larva sudah dapat berenang baik dan matanya terbuka. Cadangan makanan pun mulai habis Maka bisa diberi: Infusoria, Microworm, Kutu Air Saring, Artemia, Kuning Telor Rebus, Liquifry No1 . Saran: Infusoria & Liquifry No1.
Bagi Anda yang tidak tahu cara membuat atau budi daya Kutu air Baca juga ini : Tips Budi daya Kutu Air (Untuk pakan anakan cupang)
Demikian Sahabat CaraBinatang mengenai Cara Pemijahan Ikan Cupang. Semoga bermanfaat

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Pemijahan/Mengkawinkan Ikan Cupang Dengan Baik, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Pemijahan/Mengkawinkan Ikan Cupang Dengan Baik berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Pemijahan/Mengkawinkan Ikan Cupang Dengan Baik"