Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Berolahraga

7 views

LazyMule.info – Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Berolahraga, Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Berolahraga

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Berolahraga

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Berolahraga – Kehamilan yang sehat dan selamat diinginkan oleh semua ibu hamil. Selain asupan nutrisi yang cukup, praktisi kesehatan juga menyarankan agar ibu hamil melakukan olahraga. Terutama jenis olahraga tertentu yang memang dikhususkan untuk ibu hamil.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Berolahraga

Berbagai manfaat yang dapat diharapkan dari olahraga ini adalah kesehatan jantung, tekanan darah, melatih otot tertentu, kesehatan janin di dalam rahim, mengendalikan stres, relaksasi, kelancaran persalinan, dll.

Minumlah air mineral yang cukup dan hindari dehidrasi saat dan setelah berolahraga

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Ibu Hamil Olahraga?

Secara fisik, ibu hamil tentu jauh berbeda dengan wanita yang bukan hamil. Ada batasan-batasan gerakan tertentu yang tidak boleh dilakukan ibu hamil. Sebab bukannya menyehatkan, malah membahayakan. Juga batasan waktu yang tentu berbeda dengan durasi olahraga yang dilakukan saat tidak hamil.
Pilihlah olahraga yang tepat. Untuk menentukan olahraga apa yang benar, Anda bisa konsultasi ke dokter spesial kandungan dan praktisi ahli olahraga. Juga pilih instruktur senam berpengalaman dan berkompeten di bidang olahraga yang dipilih.
Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil saat berolahraga :
  • Olahraga harus diawali dengan pemanasan yang benar. Akhiri juga sesi olahraga Anda dengan pendinginan yang benar. Pemanasan dan pendingin jauh lebih penting dari olahraga itu sendiri. Jangan pernah berani mengambil resiko melakukan olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan yang benar.
  • Olahraga sangat membutuhkan cairan sebab bisa jadi Anda akan mengeluarkan keringat banyak. Untuk menghindari dehidrasi, minumlah air minum yang cukup sebelum, selama dan sehabis olahraga
  • Pilihlah dan gunakan baju olahraga yang nyaman Anda gunakan. Terutama jangan sampai perut, rusuk, dan pinggul terganggu apalagi mengalami cedera.
  • Lakukan teratur dan konsisten. Percuma olahraga hanya dilakukan sesekali. 
  • Latihlah bagian pelvis setiap hari. Ini bertujuan untuk mempertahankan kekuatan dan kelenturan pelvis
  • Lakukan teknik pernafasan yang benar selama olahraga. Apalagi jika pada gerakan-gerakan tertentu yang membutuhkan tenaga ekstra dan harus menggunakan beban.
  • Jangan berharap hasil instan. Bangunlah target-target tertentu yang ingin dicapai secara bertahap. 
  • Siapkan camilan atau makanan dengan porsi cukup. Terutama makanan yang mengandung karbohidrat / kalori atau gula. Hal ini penting agar Anda bisa terhindar dari hipoglikemia (gula darah rendah) dan kehilangan tenaga mendadak.
  • Saat Anda merasakan lelah, istirahatlah segera. Jika kondisi tidak pulih, jangan paksakan untuk melanjutkan lagi.
  • Secepatnya berhenti olahraga jika Anda mengalami hal-hal aneh. Misalkan mengalami sakit di bagian tubuh tertentu, perdarahan, cedera, atau mendadak kondisi kesehatan menurun. Mintalah pertolongangan kepada orang-orang sekitar. 
  • Sebaiknya ajaklah pasangan atau salah seorang keluarga Anda untuk menemani Anda ke tempat olahraga, selama olahraga, sampai pulang kembali ke rumah. Selain menjaga Anda, pasangan atau anggota keluarga mengetahui perkembangan kondisi kehamilan Anda
Demikian beberapa di antara hal-hal yang harus diperhatikan jika ibu hamil ingin melakukan olahraga khusus untuk bumil.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Berolahraga, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Berolahraga berguna untuk anda.

Leave a reply "Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Berolahraga"