INFO TENTANG CUPANG ADU (IKAN PELAGA) DAN CARA PENGEMBANGBIAKANYA

14 views

LazyMule.info – INFO TENTANG CUPANG ADU (IKAN PELAGA) DAN CARA PENGEMBANGBIAKANYA, INFO TENTANG CUPANG ADU (IKAN PELAGA) DAN CARA PENGEMBANGBIAKANYA

INFO TENTANG CUPANG ADU (IKAN PELAGA) DAN CARA PENGEMBANGBIAKANYA

cara mengembangbiakan ikan cupang aduan dengan baik

Ikan pelaga (Ikan Cupang Adu) adalah ikan hias yang sangat dikenal oleh masyarakat khususnya anak-anak, kerana ikan tersebut selain rupanya yang cantik juga dapat merupakan tentera yang menarik bila diadu. Ikan ini juga sering disebut ikan laga dan nama latinnya adalah Betta splendens, termasuk dalam famili Anabantidae (Labirynth Fisher).

Cara Berkembang Biak
Ikan ini berkembang dengan cara bertelur dan telurnya akan dikumpul di buih-buih sarang yang di bina oleh si bapa niler..
Langkah-langkah yang perlu diketahui :

Pilihlah induk yang baik dan jantan yang cantik dan agresif.
Pisahkan induk jantan dan induk betina dan diberi makan cukup selama 4 atau 5 hari.
Masukkan induk jantan dan induk betina kedalaman balang yang sesuai dan telah diberi tanaman air atau yang palsu..tapi lebih baik tanaman air…
Setelah 2-3 hari akan terlihat telur berkumpul pada daun atau rapia.
Pindahkan yang betina dan beri makan secukupnya. kalau tak habis telur dimakannya….marahlah sibapa..apalagi bertindaklah sibapa..
Selama 2-3 hari anak ikan tersebut tidak diberi makan kerana masih ada persediaan kuning telur dalam tubuhnya.
Selama 2-3 hari kemudian anak-anak ikan tersebut perlu diberi makan infosuria selama 3 hari kemudian diberi makan jentik-jentik yang disaring selama 10 hari dan setelah itu dapat diberi jentik-jentik tanpa disaring.

Cara Perawatan
Induk ikan yang diberi makan cukup baik, setelah 2-3 minggu dapat dipindahkan kembali. Anak-anak ikan cupang dapat dijual setelah berumur 2 bulan. Setelah panjang 4 cm, anak-anak ikan dapat diberi makan cacing. Ikan jantan termasuk ikan yang sayang dengan keturunannya, dilihat dari kebiasaannya membuat buih pada permukaan air setiap akan mulai memijah. Sedangkan ikan betina kurang bakatlah lebih kurang merawat anaknya bahkan kadang-kadang memangsa anaknya sendiri sehingga harus cepat-cepat dipisahkan setelah bertelur. Untuk mendapatkan ikan jantan yang bentuk dan warnanya indah, biasanya setelah mencapal panjang 4,5 cm dimasukkan kedalam botol (toples, bekas selai, botol kopi, dll) dan diletakkan saling berdekatan satu sama lain agar dapat saling melihat selama ± 2 minggu, agar sirip ikan cupang tersebut mengembang kerana saling menantang.Untuk membudidayakan ikan laga secara besar-besaran, dapat digunakan bak semen ukuran 1,5 x 3 m. Pemijahannya dilakukan dipinggir bak dengan mempergunakan kotak-kotak papan yang bagian depannya diberi saringan kasa plastik. Saringan ini dimaksudkan agar benih ikan dapat keluar dan kotak pemijahan, sedangkan induknya tetap berada di dalam kotak pemijahan. Ukuran kotak pemijahan 15 x cm atau 20 x 20 cm sedangkan cara perawatan sama dengan diatas.

Sumber :
Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Provinsi DKI Jakarta
Jl. Gunung Sahari Raya No. 11, Jakarta Pusat

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  INFO TENTANG CUPANG ADU (IKAN PELAGA) DAN CARA PENGEMBANGBIAKANYA, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  INFO TENTANG CUPANG ADU (IKAN PELAGA) DAN CARA PENGEMBANGBIAKANYA berguna untuk anda.

Leave a reply "INFO TENTANG CUPANG ADU (IKAN PELAGA) DAN CARA PENGEMBANGBIAKANYA"