Inilah Alasan Mengapa Semut Berjalan Berbaris

12 views

LazyMule.info – Inilah Alasan Mengapa Semut Berjalan Berbaris, Inilah Alasan Mengapa Semut Berjalan Berbaris

Inilah Alasan Mengapa Semut Berjalan Berbaris

fakta semut berbaris

Inilah alasan mengapa semut berjalan berbaris – Semut adalah hewan kecil yang hidup secara berkoloni atau bergerombol, dikatakan berkoloni karena jumlah semut yang bisa ratusan bahkan ribuan yang hidup di satu sarang. Semut sering dijumpai di berjalan di lantai-lantai dan dinding-dinding rumah. Koloni semut yang sedang mencari makanan selalu berjalan berbaris dari sarang sampai tempat makanan itu berada. Namun pernahkah terlintas di benak anda  sebuah pertanyaan mengapa semut-semut tersebut bisa berjalan  berbaris  seperti tentara dan bisa kembali ke sarangnya dengan rute jalur yang sama dengan jalur yang dilewati semut tadi. Kalau belum pernah melihat cobalah carilah gerombolan semut yang sedang berjalan dan amatilah sejenak.

Ternyata setiap semut meninggalkan jejak saat berjalan dengan mengeluarkan semacam zat khas yang berasal dari tubuh semut yang disebut “pheromone”. Zat pheromone yang dikeluarkan oleh tubuh semut inilah yang dapat dikenali oleh semut-semut lain sehingga semut yang berjalan dalam satu koloni dan tidak akan pernah tersesat kembali ke sarangnya. Selain itu perlu diketahui bahwa setiap semut mengeluarkan zat pheromone. Sedangkan semut yang terpisah dari gerombolan atau koloni pada saat mencari makanan dapat tersesat dan kadang menunggu waktu yang lama untuk dapat kembali ke sarangnya karena harus menemukan terlebih dahulu jejak yang ditinggalkan semut-semut lain.

Untuk membuktikan secara sederhana  saja bahwa zat khas pheromone dari tubuh semut itu yang menyebabkan semut-semut itu bisa berjalan berbaris maka cobalah ambil korek api lalu bakarlah jalur yang dilewati semut itu tadi maka semut-semut itu akan membuat jalur baru. Cara lain juga juga bisa semprotkan dengan minyak wangi, maka semut-semut itu juga akan bingung dan membuat jalur baru lagi agar dapat dilewati semut lainnya. Kebingungan semut-semut itu diakibatkan karena hilangnya zat pheromone akibat panasnya api dan bau yang berbeda.


Nah demikian penjelasan secara singkat dan sederhana tentang alasan mengapa semut dapat berjalan berbaris. Sekarang anda tahu kan alasannya, jika anda masih penasaran maka anda boleh mencobanya dengan membakar dengan korek api atau menyemprotkan minyak wangi tadi. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat bagi anda. 

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Inilah Alasan Mengapa Semut Berjalan Berbaris, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Inilah Alasan Mengapa Semut Berjalan Berbaris berguna untuk anda.