Kapan Harus Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi Jika Ingin Hamil Lagi?

6 views

LazyMule.info – Kapan Harus Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi Jika Ingin Hamil Lagi?, Kapan Harus Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi Jika Ingin Hamil Lagi?

Kapan Harus Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi Jika Ingin Hamil Lagi?

Kapan Harus Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi Jika Ingin Hamil? – Tips kehamilan berikut ini tentang kapan waktu yang tepat berhenti memakai alat kontrasepsi jika Anda berencana akan hamil lagi. Artikel ini semoga bermanfaat untuk Anda yang punya rencana ingin punya momongan atau punya anak lagi.
Kapan Harus Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi Jika Ingin Hamil Lagi
Seperti kita tahu, pemasangan alat kontrasepsi merupakan upaya suami isteri untuk menunda kehamilan. Banyak alasan penundaan kehamilan ini dilakukan. Misalnya bisa disebabkan ikatan dinas pekerjaan / karir, mengatur jarak kelahiran anak sebelumnya dengan anak berikutnya, dan alasan-alasan lain. 

Waktu Yang Tepat Untuk Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi KB

Alat kontrasepsi yang ada saat ini terbagi 2 jenis. Yaitu obat-obatan (oral) dan pemasangan alat. Obat-obatan ini berupa suntik dan pil (biasanya lazim disebut pil KB). Penggunaaan obat-obatan ini ditujukan untuk merekayasa sistem hormonal dan reproduksi perempuan agar seolah-olah tidak subur dan tidak menghasilkan sel telur. Sehingga proses pembuahan tidak akan terjadi dan kehamilan bisa dicegah meskipun pasangan suami isteri tetap melakukan hubungan.

Sementara itu, kontrasepsi berupa alat cara kerjanya berbeda dengan obat-obatan. Alat kontrasepsi bekerja secara mekanis untuk menggagalkan terjadinya pembuahan antara sel telur dan spermatozoa. Alat kontrasepsi ini berupa benda-benda tertentu. Biasanya berbentuk spiral dan kondom.
Dari perbedaan inilah menentukan kapan waktu yang tepat berhenti menggunakan alat kontrasepsi jika Anda ingin masuk ke program kehamilan.

Baca Juga

  • Usia Yang Aman Untuk Hamil dan Melahirkan
  • Apa Boleh Menikah di Usia 30 Tahun Ke Atas?
  • Belum Punya Anak? Suami Juga Harus Periksa Kesuburan

Jika Anda menggunakan obat-obatan penunda kehamilan, maka Anda harus berhenti jauh-jauh hari. Biasanya butuh waktu beberapa bulan untuk bisa hamil lagi setelah Anda berhenti minum obat penunda kehamilan. Ini disebabkan tubuh butuh waktu untuk menyesuaikan diri, mengatur sistem hormonal, mengatur ulang sistem metabolisme tubuh, sampai subur lagi.

Tapi jika Anda menggunakan alat kontrasepsi spiral dan kondom, biasanya bisa langsung hamil setelah tidak lagi menggunakan alat-alat tersebut. Dengan syarat suami dan isteri dalam kondisi yang sangat baik kualitas kesuburannya
Jadi, sekarang Anda sudah tahu kan kapan harus berhenti menggunakan alat kontrasepsi jika ingin hamil lagi?

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Kapan Harus Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi Jika Ingin Hamil Lagi?, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Kapan Harus Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi Jika Ingin Hamil Lagi? berguna untuk anda.

Leave a reply "Kapan Harus Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi Jika Ingin Hamil Lagi?"