Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil dan Makanan Yang Mengandung Kalsium

6 views

LazyMule.info – Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil dan Makanan Yang Mengandung Kalsium, Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil dan Makanan Yang Mengandung Kalsium

Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil dan Makanan Yang Mengandung Kalsium

Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil dan Makanan Yang Mengandung Kalsium – Selain harus dicukupi pada usia kehamilan trimester 1, mineral kalsium juga dibutuhkan ibu hamil di trimester 2 dan 3. Selain asam folat, kalsium juga sangat dibutuhkan untuk ibu hamil dan calon bayi di dalam rahimnya. Kalsium juga berperan penting untuk perkembangan sistem saraf. Apa saja fungsi kalsium untuk ibu hamil?
Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil dan Makanan Yang Mengandung Kalsium
Okezone.com

Kram otot, badan pegal-pegal, tekanan darah fluktatif, gangguan tidur dan jantung berdebar, beberapa di antara gejala kekurangan kalsium

Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil dan Janin

Selain untuk saraf, mineral kalsium merupakan bahan baku pembuatan tulang dan gigi. Tulang dan gigi juga sekaligus menjadi 'gudang penyimpanan kalsium'. Pada saatnya nanti, ketika asupan kalsium dari luar jumlahnya tidak cukup, maka tubuh akan mengambil dari tulang dan gigi ini.
Pada saat dalam rahim, pembentukan tulang calon bayi sudah mulai terjadi pada usia kehamilan trimester 2. Pembentukan ini akan terus berlangsung sampai umur kehamilan trimester 3. Pada usia-usia inilah, tulang rangka tubuh bayi terus berproses. Dari tulang punggung, rusuk, kaki, tangan, sampai jari-jari hingga semuanya terbentuk dengan sempurna.
Pada saat inilah, kebutuhan kalsium sangat tinggi. Jika makanan ibu hamil jumlah kalsiumnya kurang, maka cadangan kalsium di tulang dan gigi ibu hamil akan diambil untuk pertumbuhan anak di dalam rahimnya. Itulah yang menjadi salah satu penyebab kenapa wanita lebih banyak yang menderita osteoporosis (tulang keropos) dibandingkan pria.
Beberapa gejala (tanda) wanita hamil kekurangan kalsium adalah sering mengalami kram otot, badan pegal-pegal, tekanan darah fluktatif, gangguan tidur dan jantung berdebar. 
Selain untuk mencegah kegagalan pertumbuhan janin, dan mencegah osteoporosis, kalsium juga sangat dibutuhkan untuk menjaga stabilnya tekanan darah. Ibu hamil yang kekurangan kalsium lebih beresiko mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi) selama kehamilan sampai persalinan.

Bahan-bahan Makanan Sumber Mineral Kalsium

Ibu hamil sangat dianjurkan konsumsi lebih banyak jenis-jenis bahan makanan yang mengandung kalsium tinggi. Beberapa di antaranya adalah :
  • Susu sapi murni
  • Keju
  • Daging sapi
  • Sumsum tulang
  • Telur
  • Ikan teri
  • Sarden
  • Ikan salmon
  • Brokoli
  • Kacang-kacangan
  • Wijen

Perlu diperhatikan; agar tubuh bisa menyerap kalsium dengan baik, maka ibu hamil di trimester 2 dan 3 harus konsumsi makanan yang mengandung serat dan asam oksalat secara tidak berlebihan. Serat yang berlebihan dan asam oksalat justru dapat menggangu dan menghalangi penyerapan kalsium.
Selain itu, jagalah mood dan tetaplah tenang ketika terjadi masalah dalam kehidupan selama kehamilan. Stres dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap gizi dalam makanan termasuk mineral kalsium. Sekian tips kehamilan kali ini, semoga bermanfaat

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil dan Makanan Yang Mengandung Kalsium, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil dan Makanan Yang Mengandung Kalsium berguna untuk anda.

Leave a reply "Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil dan Makanan Yang Mengandung Kalsium"