Mencegah Bakteri dan Zat Berbahaya Pada Makanan Ibu Hamil

7 views

LazyMule.info – Mencegah Bakteri dan Zat Berbahaya Pada Makanan Ibu Hamil, Mencegah Bakteri dan Zat Berbahaya Pada Makanan Ibu Hamil

Mencegah Bakteri dan Zat Berbahaya Pada Makanan Ibu Hamil

Mencegah Bakteri dan Zat Berbahaya Pada Makanan Ibu Hamil – Selain nutrisi untuk ibu hamil, kandungan zat kimia dan parasit virus, kuman, dan bakteri berbahaya pada makanan juga harus diwaspadai. Beberapa jenis bakteri dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin dalam rahim. Seperti bakteri salmonella, salmonella tiposa, virus toksomplasma, bakteri listeria, dan parasit lainnya. 
Mencegah Bakteri dan Zat Berbahaya Pada Makanan Ibu Hamil
Jenis-jenis parasit yang berbahaya sering hinggap di jenis makanan tertentu. Ibu hamil harus memperhatikan cara menyimpan dan mengolah jenis-jenis makanan ini agar tidak membahayakan kesehatan dan kehamilan. Ini sebagai upaya memperkecil resiko tubuh terinfeksi.
Bakteri salmonella tiposa, dapat menimbulkan penyakit tipes. Bakteri ini akan menginfeksi usus halus. Seringkali terjadi ibu hamil mengalami sakit tipes. Jika tidak segera dikenal gejalanya dan diobat, penyakit tipes dapat menyebabkan kematian.

Hindari Resiko Infeksi Bakteri dan Zat Berbahaya Pada Makanan Ibu Hamil

Bagaimana Meminimalisir dan Mencegah Masuknya Zat Berbahaya dan Infeksi Parasit Pada Makanan?
Ikuti saran-saran berikut : 
  • Selalu cuci tangan  sebelum makan, setelah dari toilet, membersihkan bahan makanan, dan setelah memegang benda-benda kotor. Ini untuk membersihkan bakteri dan parasit lainnya menempel di tangan
  • Pastikan alat-alat memasak dan alat-alat untuk makan selalu bersih. Lakukan pembesihan beberapa alat yang harus disterilkan dengan air panas.
  • Masak sampai betul-betul matang jenis-jenis makanan tertentu. Seperti telur dan daging (ayam, unggas, sapi, kambing, dan ikan)
  • Hindari konsumsi makanan dari laut yang tercemar polutan berbahaya. Seperti cumi, kerang, kepiting dan ikan.
  • Hindari makanan kalengan dan makanan kemasan yang telah kadaluarsa dan kemasannya rusak dan berkarat
  • Lelehkan makanan beku (defrost) dan masak hingga betul-betul matang
  • Pastikan produk olahan dari susu sudah dipasteurisasi
  • Utamakan makanan segar dan masakan olahan sendiri. Kurangi konsumsi makanan dengan kemasan yang umumnya menggunakan pengawet
  • Jangan menyimpan di freezer dan membekukan kembali makanan yang sudah dilelehkan (defrost)
  • Hangatkan makanan hanya satu kali. Jangan dihangatkan berkali-kali.
Dengan melakukan langkah antisipasi di atas diharapkan dapat meminimalisir dan mencegah bakteri dan zat berbahaya pada makanan ibu hamil. Semoga bermanfaat

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Mencegah Bakteri dan Zat Berbahaya Pada Makanan Ibu Hamil, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Mencegah Bakteri dan Zat Berbahaya Pada Makanan Ibu Hamil berguna untuk anda.

Leave a reply "Mencegah Bakteri dan Zat Berbahaya Pada Makanan Ibu Hamil"