Tips Budi daya Kutu Air (Pakan Anakan Cupang)

8 views

LazyMule.info – Tips Budi daya Kutu Air (Pakan Anakan Cupang), Tips Budi daya Kutu Air (Pakan Anakan Cupang)

Tips Budi daya Kutu Air (Pakan Anakan Cupang)

Sebelum anda Membaca Langkah”nya Perlu anda ketahui untuk apa si dan maksudnya untuk apa Kutu air disini, Disini kutu air untuk Pakan Anakan Cupang, karena memang pakan yang baik untuk Anakan ikan pelaga atau yang biasa disebut Cupang adalah Kutu air Seperti yang pernah saya sampaikan di artikel tentang Cara Pemijahan/Mengkawinkan Ikan Cupang

Mari kita simak langkah langkahnya :
1. Langkah pertama adalah menyiapkan media perkembangbiakan kutu air. saya menggunakan bak semen ukuran 1×0.5×0.2m atau dapat pula diganti dgn bak plastik atau apapun yg berukuran agak besar utk menampung air.Kebetulan saya memelihara bebek dan ayam hadiah dari pacar, namanya Afghan dan Chicky  dan sy menggunakan kotorannya yg telah dikeringkan selama minimal 3hari sehingga benar2 kering sebagai bahan utk makanan kutu air tersebut dan memancing tumbuhnya lumut, (dapat diganti dgn pupuk hewani yg dpt dibeli di toko tanaman), kemudian kita ambil sekitar 2genggam kotoran kering tersebut (tangan bisa dilapisi plastik kalo merasa jijik  ), jgn terlalu banyak krn akan mengakibatkan banyaknya cuk atau jentik nyamuk, kecuali klo emg sengaja ingin memancing timbulnya jentik.setelah kita taburkan secara merata di wadah pembiakan lalu kita isi dgn air kira2 15cm. lalu kita diamkan selama minimal 1 minggu di tempat yg terkena sinar matahari langsung sehingga air akan berwarna hijau pekat seperti cincau.
2. Setelah air matang, ditandai dgn warnanya yg berubah menjadi hijau pekat dan berlumut, kita masukkan starter kutu air, dapat dibeli di toko penjual ikan. beli sedikit saja, sekitar 500 rupiah per kantongnya. sebelum dimasukkan ke dalam media pembiakan, sebaiknya kutu air direndam dulu dalam larutan air yg diberikan 1 tetes obat biru selama 5 menit agar kuman dan bakteri jahat mati sehingga kutu air hasil panen kita nanti tdk berbahaya.
3. Kemudian setelah beberapa hari, sekitar 3-4hari, di permukaan air akan terlihat makhluk2 kecil banyak bergerak. Nah itulah hasil dr pembiakan kutu air kita. utk memanennya kita siapkan saringan berpori kecil dan pipet. kemudian kita ambil kutu air menggunakan saringan. ini adalah tahap pertama krn kutu air masih kotor bercampur kotoran dan lumut.
4. Sediakan wadah berisi air bersih untuk kutu air yg diambil dr wadah pertama dgn menggunakan pipet. sedot secara perlahan agar kotoran tdk ikut terbawa. dan kutu air hasil budidaya sendiri pun dpt digunakan utk burayak dan ikan dewasa kesayangan kita..  sy menikmati hasil dr budidaya kutu air ini kira2 sudah hampir 3minggu tanpa ada tanda2 berkurang kutu airnya.

demikian hasil percobaan sy, dan post ini sy buat tnp ada maksud buruk apapun selain memajukan kualitas cupang di Indonesia.. selamat mencoba teman2 semua..

Sumber – Tread Member KasKus by HotRott

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Tips Budi daya Kutu Air (Pakan Anakan Cupang), Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Tips Budi daya Kutu Air (Pakan Anakan Cupang) berguna untuk anda.