Tips Memulai Bisnis Usaha Ternak Lele

6 views

LazyMule.info – Tips Memulai Bisnis Usaha Ternak Lele, Tips Memulai Bisnis Usaha Ternak Lele

Tips Memulai Bisnis Usaha Ternak Lele

cara memulai usaha ternak lele

Untuk memulai usaha sebagai peternak lele, Anda tentu harus menyiapkan modal dan pengetahuan yang benar tentang ternak lele. Kami akan menyajikan beberapa hal penting yang harus Anda tahu dalam ternak lele, di antaranya adalah;

Keunggulan ternak lele

Sebelum Anda benar-benar memilih melakoni bidang usaha ternak lele ini, ada baiknya Anda meyakinkan diri terlebih dulu, sebagai motivasi, berikut kami sajikan keunggulan ternak lele dibanding yang lainnya, simak.
  1. Mudah dilakukan
  2. Tidak membutuhkan banyak modal
  3. Khusus untuk kolam terpal, Anda bisa mengatur lele yang ada di dalam kolam dengan sangat mudah.
  4. Ternak lele itu praktis saat panen jika dilakukan dalam kolam terpal
  5. Air dapat dikontrol dengan mudah jika dilakukan dalam kolam terpal
  6. Anda bisa menentukan media terbaik bagi habitat lele tanpa harus khawatir kontaminasi dari air tanah.

Keunggulan di atas merupakan keunggulan khusus untuk ternak lele yang dilakukan di dalam kolam terpal. 

Cara membudidayakan ikan lele

Setelah Anda yakin untuk membudidayakan ikan lele, sekarang saatnya untuk mulai langkah dalam cara budidaya ikan lele. Berikut langkah yang bisa Anda ikuti.
Langkah pertama
Hitung dulu bibit yang akan Anda tanam dalam kolam lele. Sesuaikan dengan jumlah modal yang Anda miliki atau sudah Anda siapkan. Hal ini karena jumlah bibit sangat erat kaitannya dengan luas kolam terpal untuk lele Anda.
Langkah kedua
Gunakan perbandingan yang tepat saat membuat kolam terpal. Pembuatannya bisa didasarkan pada ukuran 100 ekor ikan lele per 1 meter persegi luas lahan. Sementara itu, untuk ketinggian kolam Anda bisa menggali hingga 1,5 m. Jadi pada intinya, Anda bisa menggali tanah dengan kedalaman 1,5 meter,s sementara panjang dan lebarnya bisa Anda sesuaikan dengan bibit lele yang sudah Anda siapkan.
Langkah ketiga
Siapkan terpal dengan panjang dan lebar yang lebih besar ketimbang ukuran galian tanah. Pastikan bahwa masih ada sisa terpal sepanjang setengah meter yang terlihat dari luar. Sebelum memasang terpal. Pastikan bahwa tanah yang Anda gali sudah bersih dari kerikil, batu, dan keras.
Langkah keempat
Selanjutnya, Anda bisa memasukkan air ke dalam terpal. Air ini juga harus mengandung plankton dengan cara dicampur dengan kompos sapi lantas dibiarkan selama 3 hari. Baru bibit lele dimasukkan ke dalamnya. Atau Anda bisa membuat air plankton ini terpisah dari kolam terpal.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Tips Memulai Bisnis Usaha Ternak Lele, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Tips Memulai Bisnis Usaha Ternak Lele berguna untuk anda.